Belasan Kilometer Jalan Nasional Di Kab. Kep.Selayar Rusak

Jalan nasional sepanjang kurang lebih 100 Km di Kabupaten Kep.Selayar mengalami kerusakan. Dari seluruh panjang jalanan ada beberapa ruas yang mengalami kerusakan ringan, sedang  dan berat. Malah ada ruas yang mulai terkikis  air laut saat terjadi bencana alam gelombang air laut pasang di Selayar pada awal bulan Januari 2013 kemarin. Bukan saja jalan nasional yang mengalami kerusakan tapi jembatan pun mengalami hal sama. Tercatat dimeja redaksi jembatan ruas Jammeng Kecamatan Bontosikuyu dan Jembatan Sungai Lebo saat ini masih belum dapat dilalui.

Jalan Nasional di poros pelabuhan Pamatata tepatnya di tanjung Buki atau setidaknya berada di KM 18 dan 19 Ibu Kota Benteng misalnya mengalami kerusakan cukup parah hingga sampai ke tengah badan jalan terkikis gelombang pasang akibat rusaknya tanggul penahan gelombang di sebalah barat jalanan tersebut. Kerusakan ini cukup menggangu lancarnya arus transportasi. Selain uitu diporos Selatan tepatnya di ruas Bianga Benteng – Turungan kecamatan Bontosikuyu yang merupakan jalan utama menuju ke pelabuhan Pattumbukang mengalami pengikisan hingga badan jalan tertutup lumpur dari bukit yang diterjang air laut pada saat gelombang pasang baru baru ini.

H.Saiful Arif SH Wakil Bupati Kep.Selayar yang dimintai konfirmasi mengenai hal ini membenarkan banyaknya jalan poros di wilayah pesisir barat Selayar yang rusak dan ini telah tercatat dan telah dilaporkan ke pemerintah pusat dalam kewenangannya mengenai jalan ini. Sementara untuk hal-hal yang dinilai bisa menggangu roda perekonomian dan merupakan jalan penyangga utama maka pemda dulu yang sementara berupaya sambil menunggu penanganan lebih lanjut pada level dan klass jalan yang rusak. Termasuk jembatan sungai Lebo yang dihantam banjir dan rubuh juga mendapat penanganan sementara dari Dinas pekerjaan Umum Kabupaten Kep.Selayar yang membangun jembatan darurat sebagai pengganti sementara sambil menunggu turunnya instansi terkait di propensi jelas H.Saiful  saat di konfirmasi menyangkut hal kemungkinan struktur bangunan dan perencanaan bangunan yang dinilai banyak kalangan tidak sesuai dan menyalahi bestek akibanya sangat mudah tumbang, H.Saiful Arif SH mengarahkan  mengkonfirmasi ke Instansi tehnis agar mendapat penjelasan secara tehnis. Yang pasti menurut Wabup Selayar ini bahwa kerusakan jalan nasional di sepanjang Kep.Selayar kurang lebih 100 Km akan segera mendapat penanganan Pemerintah .

Dari pantauan Rakyat Sulsel, bukan saja jalan dan jembatan yang rusak diterjang gelombang pasang akan tetapi tanggul penahan gelombang disepanjang pantai barat Selayar banyak yang rubuh ke laut akibat gelombang air laut pasang. (Tim)

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Belasan Kilometer Jalan Nasional Di Kab. Kep.Selayar Rusak

  1. Anonymous berkata:

    menurut beberapa warga selatan selayar,,jalanan mereka tidak pernah mendapat perhatian,apalagi di masa kepemimpinan bapak syahrir wahab,jalanan yang bagus menurut mereka "hanya sampai depan pintu villanya pak BUPATI",,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s