Pemilihan Cagub Sulsel di Kep. Selayar Menangkan Syahrul-Agus

Pesta demokrasi pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi-Selatan, periode 2014-2018, di Kabupaten Kepulauan Selayar berlangsung aman dan tertib.  Tidak sedikitpun insiden yang terjadi selama berlangsungnya proses pemungutan suara sampai perhitungan surat suara selesai di masing-masing tempat pemilihan suara.
Dari 266 tempat pemilihan suara yang berhasil ter entry di kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur incumbent masih unggul dengan presentase 66,25 %. Disusul, pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Azis Qahar Muzakkar ditempat kedua, dengan perolehan 29,85 %.
Sedangkan pasangan, Rudiyanto Asapa, SH. LLM dan Andi Nawir Pasiringi, MP menempati urutan ketiga, dengan hasil perolehan suara 3,89 %. Dari hasil pantauan wartawan di lapangan, pasangan gubernur dan wakil gubernur petahana, rata-rata berhasil mengungguli dua rivalnya di kancah Pilgub Sulsel 2013.
Di TPS 01 Kelurahan Benteng, pasangan Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.Si. MH-Agus Arifin Numang unggul dengan perolehan 191 suara, disusul pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Azis Qahar Muzakkar dengan perolehan 82 suara.
Sementara itu, pasangan Rudiyanto Asapa, SH. LLM dan Andi Nawir Pasiringi, MP berada di tempat ketiga, dengan perolehan 5 suara. Sehingga total suara sah tidak sah untuk ketiga pasangan calon, di TPS 01 berjumlah 337 suara dari 544 DPT di wilayah itu.
Di TPS 01 Kelurahan Benteng ini, warga yang tidak menyalurkan hak pilihnya mencapai angka 102 orang. Sedangkan 105 orang lainnya, diperkirakan merupakan mahasiswa, orang tua jompo, warga yang telah meninggal dunia, dan selebihnya lagi, tidak ditemukan alamat tempat tinggalnya saat undangan memilih didistribusikan petugas.
Kondisi yang hampir sama, juga terjadi di TPS 02 Kelurahan Benteng. Di lokasi ini, pasangan Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.Si.MH dan Agus Arifin Nu’mang mendapat perolehan, 85 suara, disusul pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Azis Qahar Muzakkar.
Khusus di TPS 02, pasangan IAZ, tampak mengungguli pasangan incumbent dengan perolehan 89 suara. Sedangkan pasangan Rudiyanto Asapa, SH.LLM dan Andi Nawir Pasiringi, MP , meraih perolehan 3 suara.
Di TPS-TPS lain, kemenangan kembali diukir pasangan Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. M.Si.MH dan Agus Arifin Nu’mang. Dari hasil perhitungan suara di TPS 5 Kelurahan Benteng, pasangan incumbent, kembali unggul dengan perolehan 146 suara. Disusul pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Azis Qahar Muzakkar di tempat kedua dengan perolehan 124 suara, dan Rudiyanto Asapa, SH.LLM-Andi Nawir Pasiringi, MP di tempat ketiga, dengan perolehan 51 suara.
Total suara sah, tidak sah untuk semua pasangan calon di TPS ini mencapai 321 suara dari 497 DPT. Warga yang menggunakan hak pilih sebanyak 322 orang. Sedangkan, 163 warga lainnya dikategorikan abstain atau tidak menggunakan hak suara sama sekali yang turut diperparah dengan  suara batal sebanyak 1 suara.
Kemenangan lagi-lagi diperoleh pasangan incumbent, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.Si.MH-Agus Arifin Nu’mang di TPS 06 Kelurahan Benteng Utara, Kecamatan Benteng. Di TPS ini, pasangan gubernur dan wakil gubernur petahan meraih 217 suara.
Disusul pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahar Muzakkar dengan perolehan 118 suara dan pasangan Rudiyanto Asapa, SH.LLM-Andi Nawir Pasiringi, MP dengan perolehan 16 suara.
Pasangan DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. M.Si.MH-Agus Arifin Nu’mang juga terlihat unggul di TPS 14 Kelurahan Benteng dengan total perolehan 72 suara. Disusul pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahar Muzakkar dengan perolehan 36 suara, dan pasangan Rudiyanto Asapa, SH.LLM-Andi Nawir Pasiringi, MP dengan perolehan 1 suara.
TPS 14 tercatat memiliki 189 DPT. Namun, 44 wajib pilih dinyatakan abstain dan sama sekali tidak menggunakan hak suaranya. Sehingga total suara sah, tidak sah untuk ketiga pasangan mencapai  109 suara. Sementara, 41 suara dinyatakan tidak sah.  
Kemenangan pasangan DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.Si.MH-Agus Arifin Nu’mang di Kabupaten Kepulauan Selayar, bahkan sempat disambut dengan kegiatan arak-arakkan dan pawai keliling kota oleh organisasi sampan induk dengan menggunakan kendaraan roda dua. (fadly syarif)  
  

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayarterkini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s