Bupati Kep.Selayar Resmikan Pemanfaatan Penyulingan Air Laut Menjadi Air Tawar

Drs.H.Syahrir Wahab MM

Bupati Kepulauan Selayar Drs.H.Syahrir Wahab MM yang meresmikan pemanfaatan pabrik  penyulingan air laut menjadi air tawar pada hari ini Sabtu (19/1) di Desa Kahu-Kahu tepatnya di Dopa Selatan yang dihadiri ratusan warga di 3 desa yang berada di pulau Pasi Gusung. Dalam sambutannya, H. Syahrir Wahab menyampaikan ungkapan rasa syukur dan gembira yang sangat dalam karena terbukti bahwa perhatian pemerintah terhadap masyarakatnya sangatlah tidak pernah putus. Bisa dibayangkan ketika pemerintah pusat kemudian memberikan bantuan mesin penyulingan air laut menjadi air tawar melalui sektor perikanan kelautan yang pada dasarnya melalui perjuangan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar tentunya tegas H. Syahrir Wahab. Dan selanjutnya meresmikan pemanfaatan mesin seharga 1,7 M yang buatan Denmark yang mempunyai nilai khusus bagi ribuan masyarakat di pulau pasi Gusung. Dalam peresmian tersebut Bupati yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Hj.Norma Syahrir serta Muspida diantaranya Kapolres dan Dandim 1415 Selayar dan sejumlah kepala SKPD serta camat sekabupaten Selayar mencicipi langsung air tawar tanpa dimasak namun telah lolos uji laboratorium tidak mengandung kuman dari hasil penyulingan air laut menjadi air tawar siap konsumsi. 
Sementara itu DR.Ir.Marjani Sultan Msi kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Kabupaten Kep.Selayar  menegaskan bahwa mesin penyulingan air laut menjadi air tawar ini adalah buatan Denmark yang sangat ramah lingkungan karena pembangkitnya menggunakan listrik tenaga matahari. Yang spesifik dari hasil penyulingan air laut menjadi air tawar ini menurut Marjani yakni munculnya sari air laut Nigarin yang mengandung magnesium tinggi dan  bila diminum dapat menyembuhkan beberapa penyakit dalam diantaranya  penyakit kencing manis , jantung dan darah tinggi. Selain itu sari air laut atau Nigarin ini dapat juga dijadikan sebagai bahan pencampur bedak kecantikan pada wanita khususnya karena memperhalus kulit. Dan perlu diketahui bahwa pabriuk penyulingan air laut menjadi air tawar bagi warga di 3 desa ini pada dasarnya akan menjadi sebuah proyek percontohan bagi pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dari sektor dunia perikanan dan kelautan. Yang pasti dari 60 unit di Indonesia baru Selayar yang bisa dimanfaatkan tegas Marjani Sultan.  
Seusai peresmian, ratusan warga masyarakat Kahu-Kahu, Bonto Borusu Dan Bonto Lebang  bahkan sangat berterima kasih pada pemerintah atas bantuan sumber air tawar yang sudah selama ini menjadi beban bagi warga. (red)

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s