Bantuan Ke Warga Mulai Disalurkan, Miliaran Kerugian Dari Kerusakan Infrastruktur

Rakor Penanganan Bencana Di Ruang Rapat Pimpinan 

Angin kencang dan terjangan gelombang pasang yang menimpa kabupaten Kepulauan Selayar hingga saat ini (14/1)  terus  berlanjut. Sebagian masih khawatir akan terjadi susulan yang kembali menimpa pemukiman warga kepulauan Selayar yang kebanyakan berdomisili dipesisir barat Kabupaten Kepulauan Selayar. Tercatat 11 kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Selayar terkena dampak dari angin kencang ini. Belum lagi yang domisilinya di pantai barat yang terancam dengan ombak air laut pasang.

Kendati belum dinyatakan sebagai akhir dari musim cuaca ekstrim tepatnya selama musim angin barat hingga pertengahan bulan maret yang akan datang namun kerugian yang disebabkan oleh angin kencang dan gelombang pasang di daerah ini ditaksir telah mencapai  miliaran rupiah. Hal ini ditegaskan oleh Bupati Kepulauan Selayar sesaat setelah memerintahkan kepada semua kepala Kecamatan untuk segera melakukan pendataan jumlah kerugian selanjutnya. Khususnya kerugian dan kerusakan rumah-rumah warga untuk segera diberi bantuan. Hal ini sebagai upaya dan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi bencana dengan forum muspida dan skpd di ruangan rapat pimpinan beberapa hari sebelumnya. Dalam Rakor penanganan Bencana di Selayar diperoleh  laporan dari pemerintah kecamatan, melalui 9 camat dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten ini bahwa total kerugian sementara berkisar  Rp4,6 miliar lebih diantaranya kerusakan jalan, tanggul penahan ombak, saluran pengairan belum tercatat kerusakan jaringan listrik, rumah rumah warga dan fasilitas perkantoran di beberapa wilayah kepulauan.

Sementara press release yang disampaikan Gunawan Redha Humas pemkab Kepulauan Selayar didampingi Kasubag Pemberitaan Humas Andi Imran K berisi himbauan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan selayar agar warga masyarakat Selayar waspada terhadap cuaca ekstrim yang saat ini menimpa Kabupaten Kepulauan Selayar. Diminta kepada warga Selayar yang akan beraktifitas dengan menggunakan kendaraan laut atau terhadap nelayan diseluruh selayar agar tidak melakukan aktifitas melaut hingga cuaca dipastikan bersahabat. (red)

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s