Pemkab Kepulauan Selayar Himbau Warga Waspada Cuaca Ekstrim Musim Barat

 Dalam 3 hari terakhir ekstrimnya cuaca dan ombak yang menghempas wilayah pemukiman warga pesisir di daerah ini membuat Pemerintah Kabupaten Kepulauan mengambil langkah dan upaya untuk melakukan evakuasi warga yang dinilai sangat rentan dan rawan terkena imbas ekstrimnya cuaca dan kencangnya hempasan gelombang saat air laut pasang tiba. Dan ini masih belum berada pada timing puncak angin kencang sesuai perhitungan lokal pada setiap musim angin barat tiba. Dan untuk musim tahun ini memang dinilai terlambat namun kwalitasnya  lebih kuat sehingga butuh penanganan yang lebih aktif, demikian dijelaskan oleh H.Saiful Arief SH  Wakil Bupati Kepulauan Selayar  pada Rabu (9/1) diruang kerjanya saat melakukan konfrensi pers terkait banyaknya rumah warga yang rusak akibat angin kencang dan banyaknya pohon tumbang, fasilitas umum rusak diterjang gelombang dan rawannya beberapa pemukiman warga pesisir pantai barat terkena banjir Rob atau air laut pasang. malah telah ada jatuh korban luka-luka akibat pohon tumbang dan kejatuhan kelapa serta beberapa warga yang terendam banjir air laut serta  terkena ombak air laut pasang pada hari Selasa (8/1) di beberapa kecamatan daratan dan kepulauan yang terkena angin puting beliung serta rawannya Kabupaten Kepulauan Selayar terisolir dari wilayah Sulawesi-selatan bila kondisi alam terus berlanjut. 
Sejumlah warga Desa Patikarya di dusun Tile-tile  yang rumahnya terkena rob pada hari Selasa kemarin telah dievakuasi ke rumah-rumah warga yang dinilai aman oleh pemerintah, selanjutnya melakukan penyaluran bantuan sandang dan pangan oleh Dinas Sosial jelas Saiful . Selanjutnya Saiful menegaskan bahwa turun langsungnya Saiful sebagai Wakil Bupati mengkoordinir seluruh jajaran pemerintahan Kep.Selayar khususnya instansi tehnis yang berhubungan langsnug dengan kejadian  adalah kesepakatan dan perintah langsung H.Syahrir Wahab, Bapak Bupati kepulauan Selayar yang banyak menerima informasi kejadian dari warganya melalui sms. kemudian mengkoordinasikan langsung kepada Wakil Bupati Selayar untuk segera melakukan upaya dan langkah untuk turun melihat langsung kondisi masyarakat Selayar. Dan baginya ini bukan merupakan hal pertama namun beginilah kedua pimpinan Selayar ini menjadi pemimpin pemerintah Kabupaten kepulauan Selayar. Dan memaparkan bahwa pembiayaan yang dikeluarkan merupakan hasil permintaan ke DPRD Selayar untuk mendapat persetujuan kiranya dalam mengeluarkan pembiayaan yang menggunakan anggaran daerah TA 2013 karena Ini sifatnya emergency dan sangat dibutuhkan, tegas Saiful. 
Lebih lanjut dipaparkan bahwa memang belum ada data pasti menyangkut kerusakan dan korban akibat cuaca ekstrim dalam 3 hari terakhir dan kami masih terus turun melakukan pantauan dan bertindak langsung bila terjadi emertgency. data yang ada masih bersifat sementara diantaranya Tanggul di sebelah selatan Pasar senteral Bonea yang diterjang gelombang pasang, selanjutnya Tanggul tile-tile di Kecamatan Bontosikuyu yang jebol membuat gelombang merusak rumah warga yang saat ini telah dievakuasi kemudian tanggul kelurahan Batangmata dikecamatan Bontomatene yang menyebabkan Rob di pemukiman warga hingga kurang 200meter ke tengah pemukiman ombak merendam pemukiman termasuk sejumlah tanggul yang dihempas air laut pasang yang titiknya berada di 5 wilayah kecamatan kepulauan. Belum termasuk kerusakan akibat angin kencang dan puting beliung yang merusak rumah dan fasilitas perkantoran di seluruh wilayah Selayar. Sekali lagi ini baru data sementara dan kami belum bisa memprediksi jumlah kerusakan, korban dan kerugian hingga berakhirnya kondisi ekstrim ini. apa lagi saat ini kita sangat terkendala komunikasi dan ransportasi ke wilayah kepulauan yang diprediksi lebih parah.Namun sampai saat ini tim yang ditugaskan ke wilayah wilayah pulau sudah dipersiapkan termasuk penyaluran bantuan kepada warga yang  jadi korban. Yang kami jamin adalah Stok sembako aman dan khusus untuk ketersediaan bahan bakar sementara kami upayakan melalui jalur darat karena kapal tangker akan terkendala bila melalui perairan Selayar saat ini. Khusus antisipasi keterisoliran akibat kemungkinan lumpuhnya transportasi dari dan ke makassar bila jalur penyeberangan kapal feri tidak dimungkinkan beroperasi , Saiful menegaskan bahwa akan segera diupayakan lancarnya kembali jalur udara. 
Melalui Media Saiful berharap agar himbauan pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar kepada masyarakat untuk tetap waspada bencana dan waspada berlayar diperairan sekarang ini dapat tersebar luaskan hingga ke daerah tetangga Selayar yang pelaut dan nelayannya sering melalui perairan kepulauan Selayar termasuk ke warga Selayar sendiri. Bila ada kejadian dan indikasi akan terjadi bencana maka segera melaporkan ke pihak berwajib atau ke posko tangap bencana yang diaktifkan saat ini. (R.02) 

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s