Angin Kencang Mendahului Ombak Air Laut Pasang Menerjang Pemukiman Warga Selayar Semalam

 Menjelang tengah malam sebagian besar desa dan kelurahan yang berada dipesisir pantai barat Selayar dikagetkan dengan naiknya air laut hingga ke pemukiman warga. seperti di desa Bontolebang, Desa Kahu-kahu, Bontoborusu di kecamatan Bontoharu, kemudian di kecamatan Bontosikuyu Desa Patikarya dan Desa  Lowa serta Appatanah sementara di Kecamatan Bontomanai Desa Parak, Desa Barugaiaya selanjutnya kecamatan Buki, Borong-borong dan desa Buki , selanjutnya 5 kecamatan kepulauan diinformasikan oleh sumber yang layak dipercaya bahwa semuanya terkena ombak air laut pasang  atau rob.
Daerah terparah adalah Kelurahan Batangmata yang ketinggian banjir air laut pasang mencapai 2 meter lebih pada sisi tanggul penahan ombak di wilayah bontosinde kelurahan batangmata, hingga tengah malam H Muh.Arsyad mantan Lurah Batangmata kepada Media ini menyampaikan kekhawatirannya akan air laut pasang tgelah masuk ke pekarangan kantor polsek yang jaraknya sekitar 300an meter dari bibir pantai .
Sementara informasi yang berhasil dihimpun dari Desa Bontolebang malah seluruh warganya mengungsi ke tempat yang lebih tinggi akibat air laut naik ke pemukiman hingga setinggi pingang orang dewasa. Kondisi ini sempat membuat panik warga yang  sebelumnya diterjang angin yang cukup kencang. Desa tetangga Bontoborusu dan Desa Kahu-kahu juga mengalami hal; sama. Setelah dihantam angin kencang yang merusak sejumlah atap rumah warga kemudian dikagetkan lagi dengan naiknya air laut hingga ke lantai dasar pemukiman warga yang memang rata-rata rendah di tempat ini.
Amirudin tokoh masyarakat Desa Kahu-Kahu kepada Media meminta agar menyampaikan kepada tim Siaga Bencana bahwa sebagian warga telah siap dievakuasi. 
Sumber lain pada Rabu malam memberikan informasi bahwa di Tile-tile desa Patikarya malah ombak air laut pasang dikhawatirkan akan merusak rumah di pemukiman warga, karena tingginya ombak yang menghantam bibir pantai Tile-tile. Namun hingga berita ini ditulis belum ada informasi tambahan. 
Dari kontributor Takwin di desa Jinato Kecamatan Takabonerate juga melaporkan bahwa puluhan rumah warga rusak berat  diterpa angin kencang sekitar pukul 20.00 Wita. Malah angin kencang yang membawa ombak naik hingga ke wilayah pemukiman sebelah barat Desa Jinato membuat sebagian warga memilih mengungsi meninggalkan rumah mereka ke rumah keluarga yang aman. 
 Dari Desa Kayuadi juga dilaporkan bahwa ekitar pukul 20.05 Wita malam tadi angin kencang selain merusak atap rumah warga juga memutuskan aliran listrik secara mendadak dan mematikan mesin induk listrik desa tersebut. Diduga kuat angin kencang menyebabkan kerusakan jaringan hingga kor slet mendadak. 
Dari wilayah Desa Tanete Kecamatan Bontomatene juga dilaporkan oleh rekan dari lembaga Lingkar Hijau Andi Fajar bahwa angin kencang telah merusak banyak rumah warga malah ada rumah yang penghuninya berada di Makassar tertimpa pohon kelapa. 
Di dalam ibu kota Benteng Selayar sejumlah rumah mengalami kerusakan pada atap akibat angin kencang pada pukul 20.00 kuran 20 menit Wita jelang Shalat Isa. Tiba-tiba lampu listrik padam seluruh kota dan terdengar angin kencang berhembus menambah suasannya semakin mencekam. Belum lagi ombak air laut pasang kemudian mulai naik di sepanjang pantai jalan Soekarno Hatta yang menyebabkan jalanan tersebut tergenang air laut yang membawa sampah kiriman ke atas jalan yang sangat dekat dengan pemikiman warga Kelurahan Benteng . 
Sementara itu terhitung puluhan kali pemadaman listrik aliran PLN selama cuaca ekstrim diduga penyebabnya adanya gangguan pada jaringan . Namun akibat yang ditimbulkan seringkalinya pemadaman mendadak selama sepekan terakhir menyebabkan banyaknya keluhan warga yang mengaku menjadi penyebab rusaknya barang-barang elektronika yang menggunakan aliran ini. Belum diketahui pasti penyebabnya dan belum ada hasil konfirmasi resmi dengan pihak pengelola listrik aliran pln Selayar. (R/Tim))

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s