Sosialisasi Pelaksanaan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2014 Kab.Kep. Selayar

 Sosialisasi Verifikasi Partai Politik peserta Pemilu 2014 dilaksanakan oleh KPUD Kep.Selayar sebagai pelaksana pemilihan umum di daerah yang memiliki lebih dari seratur ribu wajib pilih se-kabupaten Kepulauan Selayar pada hari Sabtu (3/11) 
diaula rapat Selayar Beach. Dalam pelaksanaan sosialisasi ini dihadiri oleh pengurus parpol yang terdaftar di Kabupaten Kepulauan Selayar , pemerintrah Kabupaten diantaranya Asisten bidang Pemerintahan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kepala kecamatan, unsur aparat keamanan dari Polres Selayar dan Kodim 1415 Selayar, mahasiswa dan sejumlah elemen masyarakat Selayar lainnya termasuk lsm dan pers.

Sosialisasi yang dipandu langsung oleh ketua KPUD Selayar Zulfinas Indra didampingi 3 orang komisioner KPUD Selayar pada intinya menjelaskan petunjuk tehnis pelaksanaan Verifikasi Parpol peserta Pemilu 2014 yang secara nasional dijelaskan terdaftar 17 Partai namunpun demikian hanya 16 Parpol yang lolos verifikasi. Di Kabupaten selayar sendiri terdaftar dan memasukkan berkas pada tahan pendaftaran kemarin tercatat 14 Parpol namun untuk kelolosannya sebagai peserta Pemilu 2014 tergantung pada kelengkapan  berkas dan dokumen partai serta keabsahan keanggotaan Parpol tersebut , jelas Zulfinas Indra saat membuka langsung pelaksanaan. Menyangkut petunjuk  tehnis pelaksanaan verifikasi nanti yang akan dilaksanakan oleh KPUD Kep.Selayar akan berlangsung dua kali verifikasi dan dalam pelaksanaan sesuai petunjuk tehnis KPUD akan langsung turun mendatangi kantor Parpol melihat langsung termasuk ke para calon anggota legislatif yang didaftarkan oleh Parpol sehingga tidak ada alasan untuk tidak bertemu. Selanjutnya bila kemudian caleg yang bersangkutan atau pengurus Parpol yang bersangkutan sakit maka sesuai jukni s harus memperlihatkan surat keterangan sakit dari Dokter. Selanjutnhya pada kesempatan kedua tetap akan dilakukan verifikasi susulan sesuai juknis, yang pasti kami akan terus berupaya memastikan keabsahan sesuai dokumen yang dimasukkan Partainya, tegas Zulfinas.

  Mendapat kesempatan  bertanya pada sesi tanya jawab, H.Andi Thalib dari Partai Gerindra Selayar kembali menanyakan kepada Komisioner KPUD yang menjadi pemateri  terkait kerap para pengurus dan anggota Partai kemudian sangat sulit ditemui misalnya pada kesibukan masing-masing sementara waktu verifikasi kemudian telah habis. Sesuai dokumen dan kelengkapan berkas semuanya bersyarat namun kemudian tidak sempat bertemu dengan tim verifikasi dari pelaksana pemilu. Hal ini kemudian sempat membuat peserta lainnya mengamini dan ikut memberikan dukungan pada persoalan ini. Hal ini kemudian dijawab oleh Komisioner  Andi Arifin yang mendampingi Ketua Kpud dengan menjawab  bahwa pada dasarnya kita harus tetap mengacu pada juknis dan kami akan melihat hal ini dilapangan karena tidak akan ada masalah bila yang bersangkutan kemudian adalah pengguna komunikasi. Sejumlah pertanyaan menyangkut pelaksanaan verifikasi Parpol peserta Pemilu 2014 kemudian dijawab oleh ketua KPUD dan para komisioner Kpud Kep.Selayar termasuk waktu pelaksanaan verifikasi Faktual yang disebutkan akan berakhir pada tanggal 17 Desember 2012. Termasuk sejumlah sample dan contoh kasus yang menurut ketua Kpud Zulfinas Indra telah mereka temukan pada berkas sejumlah parpol yang memasukkan dokumen partainya saat pendaftaran. Diantaranya adanya perbedaan KTA dari salah satu parpol yang berbeda antara apa yang dimasukkan kedalam lampiran dokumen partai dari DPC partai tersebut ke DPPnya dan KTA yang dojadikan dokumen pendaftaran Parpol ke KPUD Kep.selayar jelas Zulfinas.

  Selain menerima pertanyaan dan menjawab, Ketua dan Komisioner KPUD Kep.Selayar yang menjadi pemandu dan nara sumber pada pelaksanaan sosialisasi verifikasi Parpol peserta Pemilu 2014 juga menerima masukan dan saran dari sejumlah elemen lembaga swadaya maswyarakat dan aktivis media menyangkut pentingnya pelaksanaan sosialisasi out door yang lebih giat kepada masyarakat  pada saat ini menjelang pemilihan Gubernur Sul-sel. Selain sosialisasi out door dengan pertemuan langsung kepada masyarakat sebagai wajib pilih juga disarankan kepada Kpud Kep.selayar untuk segera mengaktifkan media centre di Kpud Kep.selayar untuk sarana sosialisasi media terkait pelaksanaan dan tahapan serta kewajiban dan hak para wajib pilih dalam pemilihan umum serta pemilihan kepala daerah di Kabupaten Kepulauan Selayar. (**)

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s