Puluhan Mahasiswa Datangi DPRD Kep.Selayar

 Sedikitnya 30an orang Mahasiswa Kepulauan Selayar dengan membawa panji Ikatan Mahasiswa Muhamadiah (IMM) dan HMI Selayar mendatangi kantor Dprd Kepulauan Selayar pada hari Senin (29/10) sekitar pukul 11.00 Wita. Kedatangan para Mahasiswa ini mendesak pihak Dewan untuk melakukan langkah langkah ke Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai peringatan agar lebih memperhatikan keberadaan dan Peran serta Pemuda di Kabupaten Kepulauan selayar yang menurut penilaian Mahasiswa masih sangat minim. Selain itu Mahasiswa juga mengingatkan dan mendesak ke wakil rakyat mereka di Dprd Kep.selayar agar segera mempercepat pengesahan anggaran belanja daerah atau APBD.Perubahan tahun 2012 yang dinilai sangat dibutuhkan oleh lembaga lembaga pemuda dan mahasiswa guna kelanjutan program mereka. Setidaknya keterlambatan Apbd.P tahun ini telah mempengaruhi kegiatan generasi muda dan pelajar serta mahasiswa karena tidak lagi mendapat dukungan pada setiap pelaksanaan. Padahal menurut salah seorang juru bicara mahasiswa bahwa dukungan dari Pemerintah akan sangat dibutuhkan, bukan saja pada kegiatan kemahasiswaan di kepulauan akan tetapi pada kegiatan kegiatan lembaga lainnya. 
 Mahasiswa kemudian diterima di ruang rapat Ketua dan Anggota oleh Hasanudin Chaer BA ketua Dprd Kepulauan Selayar yang didampingi oleh ketua Fraksi Golkar  Mappaturu, Ketua Fraksi PAN H. Andi Idris serta ketua Fraksi Gabungan Adi Ansar S.Hut. Dalam penerimaan awal sempat terjadi adu argumen awal tentang penyamaan persepsi kedatangan yang kemudian ditengahi oleh ketua Dprd Hasanudin Chaer yang mengambil kebijakan mempersilahkan kepada Mahasiswa untuk satu-persatu mengutarakan argumentasi serta apa yang dituntut oleh mahasiswa. Seperti dari awal yang mereka suarakan pada kesimpulannya mendesak pihak dewan agar mendesak pemerintah kabupaten kepulauan Selayar agar lebih perhatian pada setiap kegiatan pemuda. Selain itu mahasiswa juga mempertanyakan peran-peran dewan sebagai lembaga legislatif dalam perannya mengawasi pemerintah dibidang kepemudaan di Kabupaten Kepulauan Selayar yang dinilai sangat tidak nampak. Dalam pertanyaan lainnya dihadapan Ketua Dprd dan para Ketua Fraksi Dprd Selayar, Mahasiswa juga mempertanyakan penyebab lambannya pengesahan APB.P TA 2012 yang dinilai sangat dibutuhkan oleh gerakan dan kegiatan pemuda di Selayar. 
 Menjawab pertanyaan dan masukan mahasiswa, Ketua Dprd Kep.selayar Hasanudin Chaer BA menjawab bahwa peran serta pemuda sangat dibutuhkan dalam pembangunan sehingga apa yang menjadi masukan dan aspirasi dari Mahasiswa akan menjadi agenda untuk mempertanyakan ke pihak Eksekutif atau  kepada instansi tehnis yang ada di lembaga Eksekutif. Secara tegas ketua Dprd Kep.Selayar berjanji kepada  Mahasiswa dan sangat mendukung apa yang disuarakan oleh Mahasiswa. Dengan menyayangkan banyaknya penggerak kegiatan Kepemudaan yang sudah seharusnya lebih pro aktif memperhatikan kegiatan generasi muda dibandingkan dengan mahasiswa. Ini moment penting dan ketua Dprd Selayar sangat mendukung tegas Hasanudin kepada Mahasiswa selanjutnya menmberikan kesempatan kepada para ketua Fraksi yang mendampingi untuk ikut memberi jawaban. Setelah sebelumnya menjawab bahwa menyangkut keterlambatan pengesahan anggaran APBD Perubahan TA 2012  karena masih adanya beberapa tahapan yang belum selesai sambil memperlihatkan hasil penjadwalan badan musyawarah dewan untuk pengesahan Apbd.p dimaksud. 
 Ketua Fraksi gabungan Adi Ansar S.Hut mendukung pro aktifnya mahasiswa ke dalam kegiatan kepemudaan namun meminta kepada mahasiswa untuk lebih mempertegas sebenarnya apa yang menjadi usungan mahasiswa terkait perhatian pemerintah Selayar terhadap pemuda untuk khusus peran serta pemuda di Kabupaten Kepulauan Selayar dengan mengacu pada program kerja organisasi kepemudaan semisal KNPI Kep.selayar dan organisasi pemuda lainnya. Pasalnya pada setiap ada aspirasi seperti ini maka peran serta para pengerak pemuda sangat diharapkan. Selain itu kiranya mengajukan sample ketidak berpihakan pemerintah yang dimaksud oleh Mahasiswa. Menyangkut terlambatnya penegesahan APBD.P bukanlah kesalahn dprd Selayar akan tetapi Mahsasiwa dan masyarakat perlu ketahui bahwa di DPRD Selayar ini ada 4 fraksi yang berbeda. Selain itu anggota  dewan juga berasal dari lain partai sehingga sangatlah tidak enak bagi kami yang setiap saat hadir paripurna dan ikut pada setiap tahapan bila kemudian disebut bahwa biang keterlambatan adalah DPRD Selayar. Jadi seyogyanya diketahui bahwa bukan DPRD yang terlambat tapi ada anggota dewan yang tidak dan belum setuju beberapa hal terkait anggaran bahasan APBD.P TA 2012. 
  Lain lagi dengan ketua Fraksi PAN yang menjawab dan meluruskan beberapa informasi mengenai dana bansos yang menjadi temuan BPK ternayata belum dicairkan oleh pihak manapun. Sehingga pada penmgesahan anggaran APBD.P TA 2012 akan dapat dimanfaatkan oleh kegiatan kepemudaan dan kemahasiswaan. Menyangkut dukungan atas apa yang disuarakan oleh Mahasiswa sangatlah bagus demi pelibatan pemuda dalam pembangunan di Selayar. (R,0.01./Dok)

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s