Dunia Perikanan Dan Kelautan Selayar Ditangan Marjani Sultan

Marjani Sultan: “Tingkatkan Hasil Perikanan Selayar Melalui Layanan Informasi Nelayan dan Riset”

Dalam pengelolaan dunia perikanan dan kelautan diwilayah Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, khususnya peningkatan hasil tangkap nelayan di wilayah laut Selayar, yang disebutkan cukup kaya akan hasil laut khususnya ikan, maka pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya Dinas Perikanan dan Kelautan dalam tahun ini (2012) akan melakukan terobosan peningkatan dan pengembangan program, dengan membuka layanan informasi nelayan dari hasil riset yang nantinya akan dikerjasamakan dengan para peneliti perikanan. Adapun riset dan penelitian yang dimaksud, tentu bukan sebuah penelitian dasar, akan tetapi sebuah kegiatan pengamatan dari pergerakan sumber daya perikanan dan target hasil perikanan, dari ribuan masyarakat nelayan pesisir diwilayah laut Selayar, ujar DR.Ir.Marjani Sultan MSi,  pemerhati dunia perikanan kel;autan yang juga adalah kepala Dinas Perikanan  Selayar.

Marjani, termotivasi melakukan terobosan ini, setelah sekian lama mengamati dan membandingkan sejumlah kegiatan nelayan di Indonesia. Termasuk sejumlah studi banding keluar negeri, diantaranya ke Jepang dan Australia yang telah dilaksanakan. Apalagi pemerintah pusat dan daerah ini termasuk cukup memberikan support terhadap peningkatan pelayanan dan peningkatan hasil dibidang Kelautan Dan Perikanan.

Ini bukan program coba-coba, dan bukan sebuah program dasar yang baru akan mempelajari atau menelusuri kegiatan para nelayan dan sumber dayanya, akan tetapi sebuah upaya dan langkah nyata yang merupakan praktek dari teori hasil yang telah kami teliti selama ini. Insya Allah, dalam setahun ke depan, sebuah pusat riset perikanan akan terbangun di Selayar. Sehingga pelayanan informasi terhadap nelayan dari hasil riset nantinya akan langsung dimanfaatkan oleh nelayan kita. Bayangkan bila informasi  pergerakan ikan dalam setiap siklus pergerakannya dapat terdeteksi dan langsung diinformasikan bagi nelayan kita, bukankah kemudian hasil tangkapan akan semakin banyak, termasuk bila kemudian ada hal-hal penting dari pusat riset yang saat itu sangat dibutuhkan nelayan, misalnya informasi cuaca atau kejadian disekitar laut Selayar, jelas Marjani.

Sementara itu, dalam perencanaan tahun 2012 ini, pihaknya akan segera melakukan  kerjasama dengan para peneliti perikanan dan kelautan dari  sejumlah kampus yang ada di Sulawesi-selataan.

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di Tabloid Selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s