Bupati Kepulauan Selayar Dan Unhas Teken Mou Pengelolaan Sumber Daya Kelautan

Kelola Sumber Daya Kelautan, Unhas Gandeng Pemkab Selayar

Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan akan bekerja sama mengelola sumber daya kelautan. Kerja sama itu direalisasikan dalam penandatanganan nota kesepahaman di Kampus Unhas Makassar Rabu (29/2/2012).

Kedua istitusi ini secara aktif akan bekerja sama dalam pengkajian, pengembangan, dan pengelolaan sumber daya laut dan perikanan di pulau-pulau kecil di areal Kepulauan Takabonerate. Dalam penandatanganan tersebut, pihak Unhas diwakili oleh sang Rektor Idrus Paturusi dan Bupati Selayar Syahrir Wahab.

“Ini adalah kesempatan baik. Unhas punya sumber daya manusia yang bisa bermitra dengan Pemkab Selayar. Apalagi jika ada pulau kosong yang dapat digunakan untuk peternakan sapi,” kata Idrus.

Kerja sama ini berlangsung tiga tahun dan dapat diperpanjang atau dihentikan atas kesepakatan kedua pihak itu. Kerja sama tersebut mencakup pelaksanaan penelitian, pengembangan, dan pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan serta pengembangan pulau-pulau kecil untuk kepentingan pendidikan, ekonomi dan wisata di Kepulauan Takabonerate. Termasuk kegiatan desiminasi, sosialisasi, dan advokasi. Untuk melaksanakan kerja sama ini, Unhas menggunakan lapangan dengan ujung tombak Pusat Penelitian, Pengembangan, dan Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Unhas.

Sementara itu, Bupati Selayar Syahrir Wahab memaparkan, Selat Selayar adalah celah yang sangat padat dilalui kapal setelah Selat Malaka. Di bagian timur Selat Selayar kata dia, berbatasan dengan laut dalam.

“Itu adalah tempat migrasinya berbagai jenis ikan yang sangat potensial bagi masyarakat karena dapat memenuhi kebutuhan cadangan ikan secara nasional maupun global. Kepualuan Takabonerate adalah salah satu titik dari segitiga terumbu karang dunia,” ujar Syahrir.

Pada kesempatan yang sama, Unhas juga menandatangani nota kesepahaman dengan Coral Triangle Center (CTC). Nantinya, CTC berperan sebagai mitra dalam pelaksanaan pengkajian sumberdaya perikanan dan kelautan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kerjas ama dengan CTC dititikberatkan pada hubungan kerja profesional yang menguntungkan dua belah pihak. CTC akan berupaya mewujudkan konservasi sumber daya kelautan dan perikanan, melaksanakan pendidikan dan pelatihan, pengelolaan wilayah,  kemitraan dan pengabdian pada masyarakat, serta melaksanakan studi kasus tentang konservasi laut.

Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki 130 pulau, 29 pulau di antaranya berpenduduk. Dari 27 pulau yang terdapat di Kepulauan Takabonerate, baru tujuh pulau yang sudah berpenghuni. Sementara luas daratan Kabupaten Kepulauan Selayar mencapai 1.357,03 kilometer (km) persegi dan laut seluas 9.146,66 km persegi.(mrg)(rhs)

Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s