Tentang Pembangunan Bidang Kesehatan Masyarakat Kab.Kep. Selayar 2012

 Peningkatan Pelayanan Dan SDM Kesehatan Masyarakat Prioritas Program 2012
Pelaksanaan kegiatan dan program TA 2012 dibidang kesehatan masyarakat telah berjalan dan dilaksanakan sejak direncanakan pada awal tahun 2012 , hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, dr.Husaini.M.Kes.
Salah satu prioritas program adalah percepatan pelayanan medis dan peningkatan sdm khususnya tenaga kebidanan, yang nantinya akan menjadi ujung tombak dilapangan. Termasuk bagaimana peningkatan dukungan pelayanan terhadap program nasional untuk akseptor KB diwilayah-wilayah terpencil juga akan menjadi salah satu agenda program dinas Kesehatan dalam tahun 2012, sehingga diharapkan dalam peningkatan pelayanan tahun-tahun selanjutnya akan lebih mudah terinventarisir dan terevaluasi bila kemudian ada kendala dalam pelaksanaannya. Hal ini dipaparkan oleh Husaini di ruang kerjanya saat dimintai penjelasan oleh Forum Peduli Selayar terkait peningkatan pelayanan kesehatan diwilayah kepulauan Selayar yang dijawab secara lugas oleh Husaini bahwa peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat merupakan skala prioritas dinas yang dinakhodainya selama lima tahun terakhir.
Salah satu yang menjadi agenda Dinas Kesehatan Kepulauan Selayar adalah peningkatan sumber daya manusia khususnya tenaga medis yang masih perlu ditambah. Bukan berarti kurang akan tetapi bila peningkatan pelayanan terhadap masyarakat Selayar hingga pelosok adalah hal yang termasuk dalam prioritas kami setiap tahunnya, ujarnya.
Sementara itu mengenai adanya rencana pemerintah kabupaten kepulauan Selayar membuka sekolah kejuruan kebidanan dan keperawatan negeri, dirinya sebagai seorang tenaga medis senior di daerah ini mengaku sangat mendukung dan tentu saja sangat gembira bila ada sekolah yang kemudian sangat mendukung bidang ilmu kesehatan, pasalnya apapun kegiatan dan rencana bila kesehatan kemudian tidak mendapat perhatian maka sakitlah ujung ujungnya.
dr.Husaini M.Kes, juga menyebutkan bahwa sejumlah sarana dan pr-sarana penunjang kegiatan medis, khususnya yang bersifat emergency saat ini menjadi sebuah pr baginya. Terkhusus bagi pelayanan warga masyarakat Selayar yang berada diwilayah kecamatan kepulauan, dimana sejumlah sarana pendukung seperti kapal puskel yang pernah ada beberapa buah beberapa waktu lalu saat ini sementara mengalami kerusakan. Malah boleh disebut tidak dapat lagi dioperasikan. Hal ini terjadi karena perhatian dan sistem operasi yang pernah diterapkan tidak dapat merawat keberadaan sarana pendukung tersebut, sehingga dipandang perlu untuk memikirkan solusi , bila terjadi emergency, misalnya peningkatan sarana di sejumlah ibu kota kecamatan kepulauan yang tentu saja akan sangat dibutuhkan. Memang saat ini telah ada, namun sangat perlu peningkatan sarana dan prasarana pendukung kegiatan pelayanan medis. Namun pun demikian, kami tetap merencanakan segala sesuatunya dengan acuan skla prioritas yang paling dibutuhkan dalam pelayanan ini.
dr.Husaini.M.Kes, sesaat sebelum usai memberikan sejumlah penjelasan menyangkut kinerja dan pelayanan kesehatan masyarakat, menghimbau dan meminta kepada publik Selayar, sekiranya terus berbagi dan menyalurkan informasi kesehatan melalui sejumlah layanan informasi publik, termasuk menyampaikan informasi langsung ke nomor teleponnya. Bila kemudian hal ini dapat menjadi salah satu upaya evaluasi bila informasi yang didapatkan memang merupakan sebuah kealpaan atau sebuah hal penting yang tidak sengaja terjadi dan luput dari perhatian. Namanya juga manusia, tentu saja sangat penuh dengan kekurangan. Termasuk, dr. Husaini, menyebutkan bahwa masih banyak hal yang sangat perlu dilaksanakan demi melayani masyarakat dibidang kesehatan. Dan hingga saat ini pemerintah terus mengupayakan perbaikan tersebut. Namun, tentu saja kekurangan yang ada dan membutuhkan perbaikan menuju kesempurnaan seperti yang diidamkan tidak akan bisa terlaksana, tanpa peran serta masyarakat, rendahnya kepada sejumlah wartawan dan FPS yang melakukan audience bidang kesehatan untuk layanan tahun 2012.

Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s