Mappa Boeraerah, Kades Bontomarannu Selayar

Catatan Sejarah Perjalanan Pemerintahan Saksi Bisu, Keberhasilan Mappa Boerera
Awalnya, Mappa Boerera hanyalah seorang anggota TNI-AD dari Kesatuan Lintas Udara 700 Makassar, Sulawesi-Selatan yang pada tahun 1992 dipindah tugaskan ke Mako Kodim 1415 Kabupaten Kepulauan Selayar, atas permintaan pribadinya.
Saat pertama kali, bergabung di Mako Kodim 1415 Kepulauan Selayar, Mappa ditempatkan dalam jabatan Bappurir, selama kurun waktu 4 tahun. Pada tahun kelima, Mappa kembali ditugasi dalam jabatan baru sebagai Babinsa Desa Tanete, Kecamatan Bontomate’ne.
Dari Desa Tanete, Mappa dipindahkan ke Desa Kayu Bau yang masih bertetangga dengan Desa Tanete. Dengan mempertimbangkan beragam rentetan keberhasilannya sebagai Babinsa Desa Tanete, beberapa tahun berikutnya, Mappa kembali diamanahi tugas baru, sebagai Babinsa Desa Bontomarannu, yang kala itu, berada dibawah payung Kecamatan Bontomaero (sekarang, Kecamatan Bontomanai).
Di wilayah penugasan barunya, masyarakat kemudian diam-diam mengusulkan, Mappa Boerera ke Kodim 1415 Kepulauan Selayar, untuk dapat diikut sertakan di dalam proses pemilihan Calon Kepala Desa Bontomarannu, periode 2007-2013.
Menanggapi aspirasi warga, Dandim 1415 Kepulauan Selayar pun melakukan pemanggilan terhadap yang bersangkutan untuk dimintai kesediaannya menjadi seorang calon kepala desa.
Besarnya perasaan cinta seorang Mappa kepada satuan TNI-AD sempat menjadi alasan penolakan baginya, untuk dicalonkan menjadi seorang calon kepala desa.
Kendati akhirnya, Mappa tak dapat berkutik dihadapan Dandim 1415 Kepulauan Selayar, saat dirinya diperhadapkan pada dokumen berisi surat usulan dan dukungan penuh masyarakat terhadapnya.
Pasalnya, aspirasi masyarakat dinilai Mappa sebagai bentuk amanah yang haram hukumnya untuk dilalaikan. Pada saat bersamaan, Mappa tidak mampu berbuat banyak, terkecuali, mengiyakan keinginan masyarakat dan komandannya di Mako Kodim 1415 Kepulauan Selayar.
Alhasil, Mappa terpilih secara aklamasi sebagai Kepala Desa Bontomarannu, Kecamatan Bontomanai. Mappa Boerera resmi menunaikan tugas barunya sebagai seorang kepala desa pada tanggal 30 Juli 2007, pasca pelantikan & pengambilan sumpah jabatan kepala desa terpilih oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. H. Syahrir Wahab, MM  pada tanggal, 29 Juli 2007 lalu.
Penugasan barunya sebagai seorang kepala desa, diawali dari penerapan program pembangunan SDM, dimulai dari masyarakat sampai kepada aparat pemerintah desa untuk lebih mampu berdisiplin di dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi pemerintahannya sebagai pelayan publik.
Hal ini dilakukan Mappa, guna mendukung terwujudnya “Good Governance” atau pemerintahan yang baik, dalam konsepsi, pemerintahan yang bersih, demokratis, dan efektif, sebagai indikator utama, tergapainya cita-cita masyarakat madani.
Pembangunan bidang infrastruktur, tak lepas mewarnai jalannya roda pemerintahan Desa Bontomarannu di bawah kendali, mantan anggota TNI-AD berpangkat terakhir, sebagai Kopral Kepala ini.
Sukses kegiatan pembangunan bidang infrastruktur diwujudkan Mappa dalam bentuk, pembangunan bendungan mini di Dusun Bontomarannu, disusul, pembangunan fasilitas posyandu di Desa Gojang Utara, pembangunan gedung tambahan TK Wirayudha, pembangunan Baruga Sayang, pembangunan Balai Penyuluh Pertanian, dan pembangunan jalan lingkar, ruas Bontomarannu-Dusun Gojang Utara, menuju Dusun Dallembang Bua’.
Prestasi lain, ditorehkannya pada peraihan sejumlah kejuaraan, bidang seni dan keagamaan. Salah satunya, peraihan piala Juara III Lomba Tadarrus Al Qur’an dalam rangka Peringatan Hari Gerak PKK ke 36 tingkat Kecamatan Bontomanai, serta, dua peraihan juara lain.
Salah satunya, yakni : Juara III lomba nyanyi berpasangan, dalam rangka Peringatan Hari Gerak PKK tahun 2011, Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel.
Catatan demi catatan prestasi, terus diukir Mappa Boerera, bersama segenap jajaran Pemdes, dan masyarakat Desa Bontomarannu, dengan dukungan Badan Permusyawaratan Desa, sebagai mitra kerja pemerintah desa, pemilik kode wilayah 73.01.04.2008 ini.
Hingga, bukan sebuah hal yang berlebihan, jika rententan prestasi tersebut selanjutnya, ditorehkan dalam catatan lembaran sejarah perjalanan pemerintahan Kabupaten Kepulauan Selayar, yang digoreskan dengan tinta emas, atau blue print, lima tahun pemerintahan Mappa Boerera sebagai Kepala Desa Bontomarannu.(fadly syarif)       
Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s