Bahan Bakar Fosil 30 tahun Lagi Habis

Minyak bumi, gas alam, batu bara yang dikatakan sebagai bahan bakar fosil tersebut diperkirakan akan habis 30 tahun lagi. Sedangkan bahan bakar gas habis sekitar 70-80 tahun mendatang, dan bahan bakar padat diperkirakan baru habis 120 tahun.

Djoko Sungkono, guru besar Institut Teknologi Surabaya (ITS) mengatakan, bahan bakar fosil adalah sumber daya tak terbarukan, karena perlu jutaan tahun untuk terbentuk dan sumber yang ada ternyata lebih cepat habis ketimbang terbentuk yang baru.

“Ini juga perlu untuk diketahui, sumber daya pembangkit energi masih amat bergantung pada bahan bakar fosil ini,” ujarnya saat sosialisasi langkah-langkah hemat energi dan air untuk bangunan gedung/perkantoran, di Sasana Nayaka Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Rabu (27/7/2011).

Berdasarkan Inpres No 2 tahun 2008 revisi Inpres 10 tahun 2005 tentang penghematan energi, didalamnya menginstruksikan kepada pimpinan lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah yakni diantaranya untuk melakukan langkah-langkah dan inovasi penghematan energi dan air di SKPD masing-masing meliputi penerangan, AC, dan peralatan yang menggunakan energi listrik, bahan bakar minyak atau gas.

Mengapa harus hemat? Karena sumber energi primer terbatas dan mahal, kapasitas pembangkit terbatas, dan dengan hemat berarti turut menjaga kelestarian lingkungan hidup. Yang paling penting adalah keadilan bagi masyarakat yang belum menikmati listrik. “Jangan sampai masyarakat belum menikmati listrik tetapi energinya sudah habis duluan,” katanya.

 

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di contrend, Forum Peduli Selayar, Golkar Sul-Sel Rencana Pecat 2 Kader Seniornya Pasca Pilkada, Ince Langke diTuding Rugikan Golkar, Jumat Telanjang, MCI-SELAYAR, NO.1 SYIAR Unggul %3, opini selayar, orari selayar, Pilkada di Sulsel Rawan Korupsi, RADIO PENDIDIKAN KERJASAMA PROGRAM 2010 antara Media Contrend dan Dinas Pendidikan Nasional Selayar, selayar dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s