Cuaca Di Selat Selayar Tidak Bersahabat, Trip Kapal Feri Terganggu

Add caption

Dalam sepekan terakhir atau setidaknya sejak pergantian musim dari musim angin barat ke musim angin timur membuat cuaca dan gelombang di perairan selat selayar dalam 24 jam kerap berubah, dari yang bersahabat kemudian berubah tidak bersahabat. Hal ini tentu saja sangat mengganggu jalur pelayaran kapal feri yang merupakan tulang pungung transportasi masuk dan keluar dari wilayah kabupaten kepulauan Selayar. Malah jalur ini adalah pintu gerbang masuknya kendaraan dan barang kebutuhan masyarakat. Bisa dibayangkan bila armada feri yang melayari trip ini kemudian tidak bisa beroperasi akibat cuaca buruk, maka dipastikan ratusan kendaraan roda dua dan empat baik angkutan umum dan pribadi  yang akan masuk dan keluar wilayah kabupaten kepulauan Selayar juga ikut tidak dapat beroperasi alias harus merugi sehari. Bayangkan bila hal tersebut harus berlarut larut dan terus berlanjut betapa ironi ketergantungan orang Selayar terhadap kapal feri di jalur selat selayar akan terbukti.

Pekan pertama hingga pekan terakhir menjelang bulan Ramadhan 1432 H adalah jadwal ramainya arus penumpang barang dan jasa di jalur penyeberangan ini, sementara kondisi cuaca di selat selayar sementara tidak bersahabat, ditambah lagi armada kapal feri yang selama ini melayani masyarakat Selayar KMF.Bontoharu memasuki masa perawatan rutin digalangan kapal makassar, akibatnya jalur pelayaran ini terganggu dan tidak berjalan normal. Kapal pengganti yang disiapkan berukuran agak sedikit kecil dibanding feri bontoharu, otomatis jumlah trip pelayaran disaat jadwal padat seperti saat ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi Pt.Asdp Indonesia Feri. Mengutamakan jadwal dan pelayanan otomatis meningkatkan biaya operasional, sementara tidak memberikan pelayanan dan merubah jadwal maka akan mendapat sorotan, inilah kondisi yang saat ini terjadi namun kami akan tetap berupaya untuk memberi yang terbaik, ujar Jamaludin SE, manager operasional PT.Asdp Indonesia Feri Selat Selayar.  
Sedikit gambaran bahwa hingga saat ini Selasa (26/7) pukul 23.00 Wita, pelayaran trip ke 2 terpaksa tidak diberangkatkan oleh adpel Pamatata Selayar dengan pertimbangan cuaca buruk, sementara puluhan kendaraan roda empat dan dua terpantau memenuhi areal pelabuan pamatata sejak siang harinya, dari jadwal normal trip ke dua Pamatata – Bira pukul 13.00 Wita, demikian dikutip dari laporan langsung reporter radio MC-I ke studionya di Benteng sekitar pukul 23.00 Wita.  Sementara itu dihubungi terpisah melalui hand phone, Jamaludin SE manager operasional Pt. Asdp Indonesian Feri tidak mendapat jawaban. 
Bahwa kehidupan orang Selayar tergantung lancarnya operasional armada kapal feri yang dimiliki PT.Asdp Indonesia Feri dalam perbincangan dengan ketua FPS  beberapa waktu lalu tidak dapat dipungkiri. (Pro)

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayarterkini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s