Bandara Aroepala Selayar Termasuk Dalam Target Perampungan Bandara Se-Sulsel

Lima Bandara Perintis di Sulsel Rampung 2012

Pembangunan dan perluasan lima bandara perintis di Kabupaten Bone, Toraja, Luwu, Luwu Timur, dan Selayar di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ditargetkan rampung pada 2012, kata Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Masykur A.Sulthan, di Makassar, Rabu.

“Panjang landasan bandara Bone sekarang sudah mencapai 900 meter. Atas permintaan pemerintah kabupaten setempat diajukan perpanjangan landasan hingga 1200 meter dan akan dibuatkan juga jalan masuk, ditargetkan selesai 2012,” jelasnya.

Permintaan perpanjangan landasan diajukan karena dengan panjang 900 meter bandara tersebut baru bisa didarati pesawat kecil.

Selain Bone, fungsi bandara perintis di Selayar juga telah menunjukkan kemajuan dengan masuknya maskapai penerbangan Wings Air.

Namun, kekurangannya bandara ini masih cukup sempit untuk pesawat melakukan putaran sebelum tinggal landas. Sementara ini, pemprov dan pemkab saat ini tengah melakukan pengerjaan perluasan.

Pada pemaparan hasil kinerja dan evaluasi pemerintah provinsi selama tiga tahun terakhir, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah bekerjasama membantu proses pembebasan lahan perluasan bandara Toraja. “Sekarang tidak ada lagi masalah lahan dan dalam proses tender pembangunan,” tambahnya.

Ia menambahkan, hasil pertemuan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dengan beberapa menteri, bahwa bandara lama di Makassar telah memperoleh restu dari pemerintah pusat untuk dikembangkan sebagai bandara internasional dengan fasilitas hanggar, terminal baru, pusat ekspor dan impor.

Dengan pertimbangan keterbatasan anggaran APBD dan APBN, rencana peningkatan fungsi bandara lama ini akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

“Pertimbangan kerja sama dengan pihak ketiga ini telah masuk ke Menteri Keuangan. Kita harapkan pembahasannya tidak lama karena sudah banyak peminatnya. Peminat investasi juga tidak mau masuk dengan opsi sewa,” jelasnya. (*)

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s