Selayar Optimis Bangkit dari Kemiskinan Bangsa

Optimis Dapat Bantuan Pemerintah Pusat Berbagai Sarana dan Prasarana Telah Dibangun

Bupati Kepulauan Selayar, H Syahrir Wahab, meresmikan pemanfaatan dana BLM PNPM Mandiri Kelautan dan Perikanan di Desa Appatanah Kecamatan Bontosikuyu, yang dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, DR Ir Marjani Sultan MSi.
Bupati Syahrir Wahab, dalam sambutannya mengatakan dengan perubahan nama dari Kabupaten Selayar menjadi Kabupaten Kepulauan Selayar, pemerintah pusat telah memberikan perhatian khusus. Karena rata rata daerah kepulauan masih termasuk daerah tertinggal.

Oleh karena itu, untuk mempercepat Kabupaten Kepulauan Selayar keluar dari daerah tertinggal, maka dimasukanlah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Sehingga kemungkinan, ada dana APBN yang dialokasikan ke Kabupaten Kepulauan Selayar nantinya.
Dikatakan ada beberapa kategori sebuah daerah, antara lain daerah sangat parah, daerah sangat tertinggal, daerah tertinggal dan daerah agak tertinggal. Kabupaten Kepulauan Selayar masih dalam kategori tertinggal. “Berarti tinggal satu kali lagi kita sudah keluar dari ketertinggalan. Selama empat tahun lebih Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar telah membangun berbagai sarana dan infrastruktur dasar masyarakat. Ini semua kita lakukan dalam rangka mempercepat pengentasan kemiskinan, dan keluar dari kemiskinan” tegasnya.
Hadir dalam acara peresmian pemanfaatan dana BLM PNPM, para asisten, Staf Ahli Bidang Kelembagaan, Atjo Patimbangi S Sos, Kepala Bagian Humas Protokol dan PDE, Ir Nur Kamar MM, Camat Bontosikuyu, Drs Andi Akhyadni, Para Kepala Desa Se Kecamatan Bontosikuyu, serta seluruh masyarakat Desa Appatanah, Rabu (3/2) lalu.
Syahrir Wahab mengemukakan bahwa Kabupaten Kepulauan Selayar, telah dijadikan sebagai pusat pembudidayaan ikan karang. Pemerintah juga telah memberikan bantuan mesin katinting. Bahkan untuk tahun anggaran 2010, pemerintah juga telah memesan sampan fiber untuk para nelayan.
Pemerintah telah beritikad baik. “Saya berharap agar masyarakat nelayan dapat memanfaatkan dan menyambut program itu dengan baik. Satu bukti yang bisa kita persembahkan, harga bahan bakar minyak yang selama ini melebihi harga eceran tertinggi, sekarang sudah sesuai dengan harga yang berlaku secara nasional,” kata Syahrir Wahab, yang juga disebut-sebut calon terkuat untuk memimpin Selayar lima tahun kedepannya..
Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, DR Ir Marjani Sultan MSi, dalam pengantarnya mengatakan bahwa semua pihak patut bersyukur dan berbangga karena punya pemimpin seperti H Syahrir Wahab, yang mempunyai kepedulian terhadap rakyat. Pemimpin yang mengetahui apa yang menjadi kebutuhan rakyatnya.
Dikatakannya, Kabupaten Kepulauan Selayar akan dijadikan enam kawasan perikanan. masing masing kawasan pertama, Gusung, Manarai, Dopa, kawasann kedua Borong-Borong, Batangmata sampai ke Utara, kawasan ke tiga Appatanah dan sekitarnya, kawasan ke empat Kayuadi, kawasan ke lima Pasimasunggu dan Pasimasunggu Timur dan kawasan ke enam Pasimarannu dan Pasilambena. “Kalau semua kawasan ini sudah dioptimalkan saya yakin Selayar akan menjadi Kota Perikanan. (*)

Iklan

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di selayar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s