Bandara Aroeppala Gelap Gulita Pesawat Gagal Mendarat

Bandar Udara Perintis H Aroeppala Padang Kabupaten Kepulauan Selayar, hingga saat ini masih gelap gulita ketika malam hari.
Walaupun belum dilakukan penerbangan pada malam hari, namun hal itu sangat mengganggu aktifitas kalau terjadi penerbangan mendadak dari Makassar ke Selayar.
Seperti yang dialami Kadis Perhub Kominfo, Ir H Arman bersama 18 penumpang lainnya, Jumat (10/6) lalu. Pesawat perintis SMAC, milik PT Sabang Merauke Air Carter (SMAC), yang berangkat dari Makassar Pukul 17.30 WITA dengan durasi penerbangan 45 menit lebih, tidak dapat mendarat di Bandara Aroeppala karena kondisi landasan yang panjangnya mencapai 900 meter gelap gulita.
Dalam penerbangan Makassar-Selayar kata salah seorang penumpang yang ditemui, H Arman bahwa pilot sempat mengelilingi Bandara H Aroeppala hingga tiga kali, namun pusat landasan juga tidak nampak, sehingga pilot memutuskan untuk kembali ke Makassar demi keselamatan penerbangan. Dia meminta kepada penumpang untuk bersabar demi kondisi tidak ada penerangan dibandara.
Hal senada juga diungkapkan Kepala Perwakilan Sulawesi PT SMAC Makassar, Jumadiono, kepada Upeks, Jumat (10/6). Menurut dia, penerangan di bandara sangat diperlukan untuk mencegah tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Kadis Perhub dan Kominfo Kepulauan Selayar, Ir H Arman, memutuskan untuk mengupayakan, kalau bisa tahun anggaran 2010 hingga tahun anggaran 2011, penerangan dibandara sudah harus ada, minimal disisihkan dari pos anggaran lainnya untuk mengantisipasi hal-hal dadakan seperti terpaksanya pesawat mendarat pada malam hari. “Kami akan segera membicarakannya dengan pihak Bandara H Aroeppala Padang,” katanya. Hal senada juga disayangkan oleh anggota KPUD Sulsel, St Nusra yang ikut dalam penerbangan malam tersebut. (repro upeks online)

Tentang MC-I Selayar

Medianya Orang Selayar
Pos ini dipublikasikan di MCI-SELAYAR. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s